Hub Kami : 0823 2820 5285
Senin - Minggu : 09.00 - 18.00 kecuali Jum'at libur
MAX CLEAN PKU adalah Layanan jasa yang bergerak di bidang jasa cleaning service yang berada di kota Pekanbaru. Didukung dengan tenaga yang profesional & berpengalaman serta peralatan dan chemical yang sesuai dengan standart internasional. KAMI BUKAN YANG PERTAMA & BUKAN SATU - SATUNYA, TAPI KAMI YANG TERBAIK & TERPERCAYA DI KOTA PEKANBARU

Pesan Jasa Kami

Tips Merawat Furniture Berbahan Kayu Dan Berbahan Rotan

Bagaimana cara perawatan barang Furniture agar tetep bersih dan awet tahan lama? Mungkin hal ini pernah melintas dalam pikiran anda yang memiliki beragam produk mebel atau furniture yang terbuat dari bahan kayu contoh seperti kebanyakan prouk furniture yang didatangkan dari Jepara. Barang Furniture yang terbuat dari kayu dari jepara sudah terkenal akan ketahanan dan warnanya yang memberi kesan mewah dan berkelas. Namun karena Mebel kayu dari Jepara karena pengaruh lingkungan seperti perubahan cuaca, kelembaban udara, debu, dan lain-lain, mengakibatkan barang mebel Jepara Furniture jati anda yang dulu ketika dibeli begitu indah kini menjadi kusam seperti kehilangan “auranya”. Mungkin kita pernah mengalami hal ini ? berikut akan kami berikan beberapa tips bagaimana cara merawat barang mebel yang baik. Diantaranya sebagai berikut :

Tahap pertama adalah Persiapan.
Siapkan kuas halus yang ukuran kecil, dan besar (yang kecil digunakan untuk membersihkan sela-sela barang furniture misal ukiran yang terdapat lubang atau lekukan lekukan yang sulit dijangkau yang sering ditempati debu-debu, kuas besar digunakan untuk membersihkan debu2 yang menempel diarea terbuka sehingga lebih mudah dan secara cepat untuk membersihkannya.) Selanjutnya pakai kuas tersebut untuk membersihkan sela-sela dengan menyapukannya di tempat yang susah dijangkau dengan kain. sapukan dengan halus dan merata sampai bersih.

Tahap Kedua
Semprotkan cairan polis furniture misal (pledge) atau merk polis furniture yang lain terdapat banyak dipasaran,  ke permukaan barang mebel dan sela-sela produk furniture tersebut dan jangan terlalu berlebihan atau kebanyakan dikira kira pas saja.

Tahap Ketiga
Kemudian selanjutnya gunakan kain lap bersih untuk mengelap permukaan yang telah disemprot tadi dengan menggunakan kain lap atau ball (bisa dibeli di toko material) kemudian biarkan hingga kering secara merata kesemua bagian.

Tahap Keempat
Lihat hasilnya, mebel anda kembali bercahaya dan seperti baru kembali. Dan debu akan akan berkurang kembali menempel lagi, dan berikutnya pun dapat dibersikan dengan mudah.

Tahap Terakhir
Bersihkan mebel anda dengan cara diatas secara kontinue, paling tidak seminggu sekali.
Untuk pembersihan harian cukup permukaan mebel anda sapu dengan kemoceng (bulu ayam) atau sulak pembersih debu. Baiknya yang terbuat dari bulu ayam, karena selain lembut dan tidak menimbulkan efek goresan juga lebih mampu menjangkau sela sela lebih baik secara merata.

Selain beberapa tahapan diatas untuk membersihkan atau merawat furnitur di rumah. Anda bisa melakukannya sendiri dengan memperhatikan 3 hal ini. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Jika furniture Anda ber-finishing  melamik atau duco, sebaiknya gunakan kemoceng dan lap kain untuk membersihkannya. Jangan membersihkan furnitur ini menggunakan cairan-cairan kimia. Karena, cairan kimia bisa membuat furnitur Anda menjadi rusak. Jika ada noda yang membandel, gunakan lap basah untuk membersihkannya.
  2. Ada baiknya Anda memilih sofa yang memiliki upholstery yang dapat dilepas dari bantalannya. Sistem ini akan memudahkan Anda dalam merawatnya. Jika kotor, bahan pelapis sofa mudah dilepas, dicuci dan dipasang kembali. Begitu pula dengan memperbaiki bantalan sofa yang mulai kempis. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan jenis upholstery-nya. Pastikan juga, Anda tidak salah cara dalam membersihkannya.
  3. Jika furnitur ber-finishing  pelitur, sebaiknya bersihkan furnitur tersebut dengan cairan khusus untuk merawat furnitur berpelitur. Jangan lupa, perhatikan cara pemakaiannya agar cairan dapat berfungsi secara maksimal.

Lantas bagaimana perawatan furniture yang berbahan dari rotan??Berikut penjelesannya

Rotan merupakan salah satu bahan baku dalam membuat perabotan rumah tangga, seperti kursi dan meja. Rotan memiliki keunggulan dibandingkan kayu, seperti lebih ringan, elastis, mudah dibentuk, murah, dan kuat. Namun, rotan memiliki kekurangan yaitu mudah terkena rayap. Jika anda menginginkan suasana rumah atau ruangan yang klasik, furniture berbahan rotan akan sangat sesuai. Berbagai jenis dan ragam furniture berbahan rotan masih digemari oleh masyarakat. Saat ini furniture berbahan rotan sintesis lebih digemari dibandingkan furniture berbahan rotan asli, hal ini disebabkan oleh harga yang lebih murah dan bahannya yang lebih ringan. Umumnya bahan rotan sintetis terbuat dari bahan plastik dan akan mengeluarkan zat beracun saat dibakar. Oleh karena itu, teliti dan pandailah dalam membeli furniture berbahan rotan sintetis karena pemakaiannya ada yang aman dan tidak. Namun, agar furniture berbahan kayu lebih terjaga dan tahan lama, beberapa tips berikut perlu anda perhatikan:

1. Bersihkan
Furniture berbahan rotan harus dibersihkan seminggu sekali cukup dengan menggunakan lap kering untuk menghilangkan debu-debu yang menempel, serta hindari penggunaan cairan kimia karena dapat merusak rotan. Khusus untuk debu dan kotoran yang menempel di sela-sela rotan, maka cuci dengan menggunakan detegen, namun cairan detergen yang digunakan hendaknya tidak terlalu pekat dan dapat dilakukan 1 bulan sekali. Selain menggunakan lap, anda dapat menyingkirkan debu dengan mesin penyedot debu, namun usahakan tidak menekan permukaan rotan terlalu keras agar tidak melepas atau menggores bahan anyaman rotan. Anda juga dapat memanfaatjab sikat gigi bekas untuk menangani bagian-bagian tertentu dari rotan yang tidak terjangkau oleh mesin.

2. Cat Ulang
Anda dapat mengecat ulang furniture berbahan rotan jika warnanya sudah terlihat memudar, hal ini dapat mempercantik furniture berbahan rotan anda.

3. Perhatikan Peletakan Furniture
Perhatikan letak furniture atau perabotan berbahan rotan, usahakan tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung, karena akan menyebabkan warna dari furniture berbahan rotan pudar atau kering sehingga mudah rusak.

4. Hindari Rayap
Hindari rayap pada furniture berbahan rotan anda dengan cara menggunakan larutan kamper atau minyak tanah. Anda dapat menyemprotkan larutan tersebut kearah rotan atau bagian yang lebih dalam.

Demikian beberapa tips merawat furniture yang berbahan kayu dan berbahan rotan dengan tepat. Pembersihan dan perawatan secara rutin dan berkala akan membuat furniture rumah selalu tampak bersih dan terawat. Semoga bisa membantu Anda. Apabila anda tidak memiliki waktu untuk perawatannya serahkan pada Max Clean PKU yang memang ahlinya dan terpercaya merawat furniture anda. 

Sumber:
http://www.mebel-jepara.net/artikel-mebel/bagaimana-cara-merawat-barang-mebel-yang-baik.html
http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/146-merawat-mebel-rotan.html
http://furnitureinteriorjazidha.blogspot.co.id/2012/07/tips-memilih-furnitur-rotan-sintetis.html
https://www.cleanipedia.com/id/perabotan-bantalan-furnitur/cara-membersihkan-furnitur-rotan-anyaman
Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami. Siap melayani anda untuk sekedar bertanya atau pemesanan layanan jasa kami.
Hubungi Kami