Hub Kami : 0823 2820 5285
Senin - Minggu : 09.00 - 18.00 kecuali Jum'at libur
MAX CLEAN PKU adalah Layanan jasa yang bergerak di bidang jasa cleaning service yang berada di kota Pekanbaru. Didukung dengan tenaga yang profesional & berpengalaman serta peralatan dan chemical yang sesuai dengan standart internasional. KAMI BUKAN YANG PERTAMA & BUKAN SATU - SATUNYA, TAPI KAMI YANG TERBAIK & TERPERCAYA DI KOTA PEKANBARU

Pesan Jasa Kami

Tips Dan Manfaat Merawat Karpet Agar Awet

Tips dan Manfaat Merawat Karpet By Max Clean

Tips Dan Manfaat Merawat Karpet

Banyak cara yang dilakukan orang untuk memperindah dan mempercantik tampilan interior ruangan. Salah satunya menggunakan karpet atau permadani. Karpet merupakan alas lantai yang terbuat dari beberapa macam bahan, dari bahan alami hingga sintetis. Seperti serat sutra yang halus, atau wol. Bahkan ada juga yang menggunakan serat sintetis. 

Tak hanya sebagai alas lantai, fungsi karpet sebenarnya banyak ragamnya. Mulai dari alas tidur, alas duduk, taplak meja, taplak gelas, hingga pajangan hiasan dinding. Sebagai interior ruangan, karpet dapat dipasang ke berbagai ruangan seperti ruang tamu, ruang tidur, dan ruang keluarga, bahkan ruang aula gedung.

Hampir setiap rumah di daerah kota-kota besar menjadikan karpet sebagai perabotan rumah tangga yang wajib ada. Namun apakah fungsi karpet hanya sekedar untuk mempermanis ruangan di rumah? Ternyata fungsi karpet tidak sekedar hal tersebut, manfaatnya cukup luas sehingga anda tidak akan rugi membelinya.

Menurut Baktiar, Marketing Al Malik Carpets & Interior, jenis karpet yang ada di pasar sangat beragam tergantung fungsinya. Sebut saja, jenis karpet untuk ruangan besar (area rugs). Jenis karpet ini bisa disebut karpet besar, biasanya diletakan pada ruang aula, ruang tamu atau ruang keluarga. 

Kemudian karpet panjang (runners), yang cocok dipasang di sepanjang gang dalam rumah atau ruang depan sebelum ruang tamu. Selain itu, ada jenis karpet scatter (accent rugs). Bentuk karpet ini lebih kecil ketimbang kedua karpet tadi. Karpet ini biasanya diletakkan di kamar tidur, tepatnya disamping tempat tidur yang fungsinya sebagai pijakan sekaligus penghias lantai kamar tidur.
 

Dulu karpet banyak dibuat di negara Iran (Persia). Namun dalam perkembangannya, banyak juga negara-negara di luar Iran yang ikut menyemarakkan perdagangan karpet ini. Misalnya negera Cina, India, Irak, Turki, Pakistan, Afganistan dan sebagainya. Karena itu pula, urai Baktiar, Iran sejak dulu sangat terkenal akan karpetnya yang berkualitas bagus. Keunikan karpet Iran, lanjut Baktiar, karena kaya akan motif dan warna. Desainnya pun sangat beragam. Mulai dari desain minimalis hingga klasik.

Karpet memiliki banyak kegunaan atau manfaat memiliki karpet yang bersih. Diantaranya ialah:

  • Sebagai pelindung, adanya karpet efektif mencegah cacat pada lantai atau perabotan dari aktifitas pergeseran letak saat ditata ulang.
  • Memberikan sensasi nyaman di kaki, bahan karpet cukup beragam apabila yang lembut dan tebal akan menciptakan sensasi nyaman saat melangkah di atasnya.
  • Karpet juga ampuh meredam bunyi, baik bunyi langkah kaki, suara radio, televisi, dan lain sebagainya.
  • Mengisi ruang kosong dalam sebuah ruangan yang terdiri dari furniture polos menggunakan karpet bermotif.
  • Menambah umur karpet. Rajin membersihkan dan mencuci karpet dapat menghilangkan kotoran yang berpotensi merusak serat karpet yang dapat memperpendek usia karpet.
  • Tak perlu khawatir noda. Anda tak perlu lagi khawatir soal kebersihan karpet dari segala bentuk noda dan kotoran apabila karpet Anda dibersihkan dengan rutin. Apalagi, jika Anda menggunakan jasa  profesional yang memang ahli di bidangnya yang mampu menghilangkan semua jenis noda secara menyeluruh.
  • Menciptakan lingkungan yang lebih higienis. Karpet yang bersih tanpa debu, kuman, bakteri dan kotoran lain akan membuat udara di ruangan tetap sehat.
  • Meningkatkan keindahan karpet. Dengan sering dibersihkan dan dirawat, bahkan karpet tua pun akan terlihat selalu menarik.
  • Lenyapkan tungau dan bakteri. Dengan rutin dibersihkan, karpet akan terhindar dari tungau dan bakteri sehingga mengurangi kemungkinan menimbulkan alergi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.
  • Investasi. Karpet adalah bagian dari dekorasi ruangan dan karpet yang bersih dan terawat dengan baik akan menjadi investasi terbaik untuk ruangan Anda.
  • Lebih ekonomis. Karpet yang bersih berarti dirawat dengan baik sehingga kemungkinan untuk membeli yang baru sangat sedikit. Hal ini tentu saja menghemat uang Anda.

Begitu banyak manfaat memiliki karpet bersih. Mulai sekarang ada baiknya Anda lebih memperhatikan kebersihan karpet. Jangan hanya karena posisi karpet di lantai jadi Anda melupakan kebersihannya. Banyak orang baru membersihkan karpet saat terlihat sangat kotor, padahal noda yang muncul di permukaan karpet sebenarnya adalah akibat akumulasi kotoran yang sudah banyak mengendap di dalam serat karpet sehingga akan lebih sulit untuk membersihkannya.

Vakum secara reguler penting untuk menjaga karpet tetap bersih dan higienis, namun untuk masalah noda dan kotoran yang sudah menumpuk, vakum saja tidak cukup. Cuci karpet dengan metode terbaik adalah salah satu jalan terbaik.
Berbagai macam ukuran karpet yaitu:
  1. Karpet berukuran 1 meter x 1,5 meter. Karpet ini biasanya digunakan di bawah coffe table, di depan pintu masuk, dan di ruang atau kamar tidur.
  2. Karpet berukuran 1,5 meter x 2 meter , 2 meter x 3 meter. 3 meter x 4 meter, 4 meter x 6 meter, dan 5 meter x 6 meter. Karpet ini biasanya diletakan di ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang santai. 
  3. Karpet ukuran berkisar 16 meter x 200 m. Karpet ukuran besar ini biasanya digunakan untuk ruang aula gedung. Dan masih banyak ragam jenis dan ukuran lainnya

Lantas bagaimana cara merawat karpet yang kita miliki. Di bawah ini dijelaskan bagaimana merawat karpet yang kita miliki di rumah:

  • Bila di atas karpet terdapat lemari yang berat, sebaiknya satu atau dua bulan sekali dipindahkan jangan didiamkan bertahun-tahun. Bila didiamkan saja akan berakibat karpet cepat rusak.
  • Karpet setiap dua atau tiga bulan harus dijemur selama 1 jam. Posisi menjemur karpet sebaiknya bagian bawahnya dahulu karena dibagian ini tempat endapan air. Setelah itu baru dibalik bagian atasnya, namun jangan terlalu lama nanti warna karpet pudar.
  • Bila karpet terkena noda, baik noda dari makanan, minuman, telur, urine bahkan darah, langkah awal membersihkannya menggunakan kain putih yang dibasahi air hangat lalu peras hingga tak terlalu banyak airnya kemudian tempelkan dibagian yang terkena noda. Tunggu hingga noda kotoran terserap ke kain putih. Setelah itu kain dibersihkan dengan air. Lakukan cara itu berulang-ulang sampai noda di karpet terserap semuanya.. Bila noda masih tersisa, bisa digosok perlahan searah alur benang, jangan berlawanan karena akan merusak tekstur karpet.
  • Untuk mencuci karpet buatan tangan sebaiknya dibawa ke toko karpet bersangkutan yang paham mengenai bahan karpet tersebut.

Karpet merupakan salah satu perlengkapan di rumah yang perlu penanganan khusus dalam merawatnya. Cara-cara perawatan yang kurang tepat bisa membuat karpet bertambah kotor dan mudah rusak. Bersihkan karpet Anda dengan cara yang tepat agar selalu awet. Lantas Bagaimana merawat karpet agar tahan lama Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Helium:

1.      Sering Dibersihkan
Karpet harus sering dibersihkan menggunakan penyedot debu/vacuum cleaner, terutama jika Anda baru saja memasang karpet. Meski tampak bersih, serat-serat pada karpet bisa tercampur dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk juga akan lebih cepat merusak karpet.
Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang, karena biasanya kotoran paling banyak menempel di area tersebut.
2.      Jangan Berjalan dengan Kaki Telanjang
Banyak orang beranggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki bisa membuat karpet bersih lebih lama. Namun anggapan itu tak sepenuhnya benar. Kaki mengeluarkan keringat dan minyak. Saat bersentuhan dengan karpet, minyak dan keringat menempel pada karpet sehingga menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat. Sebaiknya kenakan kaus kaki atau slippers saat berjalan di atas karpet.
3.      Hindari Cuci Karpet dengan Sabun
Sebaiknya jangan cuci karpet Anda dengan deterjen atau cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa – sisa residu yang justru akan mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah robek atau rusak.
Apabila anda tidak memiliki waktu luang untuk memperhatikan apa yang telah diuraikan diatas alangkah baiknya menyerahkan pekerjaan tersebut kepada ahlinya.
Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami. Siap melayani anda untuk sekedar bertanya atau pemesanan layanan jasa kami.
Hubungi Kami